Dihantam Roket Gaza, Bandara Israel Lumpuh

Rabu, 23 Juli 2014 - 08:58 WIB
Dihantam Roket Gaza, Bandara Israel Lumpuh
Dihantam Roket Gaza, Bandara Israel Lumpuh
A A A
TEL AVIV - Sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza menghantam kompleks bandara internasional Ben Gurion, Tel Aviv, Israel. Meski tidak mengenai fasilitas bandara, namun roket Gaza itu telah melumpuhkan operasional bandara.

Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (AS) atau FAA melarang setiap maskapai untuk terbang ke bandara Israel itu, setidaknya dalam tempo 24 jam. Larangan serupa juga dikeluarkan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa.

”Semua operator (pesawat) agar menghindari Tel Aviv sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi peringatan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa, seperti dikutip Reuters, Rabu (23/7/2014).

Serangan roket Gaza yang telah menyasar kompleks bandara Israel baru pertama kali terjadi sejak Perang Teluk 1990-1991.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang khawatir dampak lumpuhnya bandara intenasional Israel itu langsung mengimbau Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, agar meminta FAA mencabut larangan terbang ke Tel Aviv.

”Netanyahu berbicara dengan Kerry dan memintanya untuk bertindak agar berbagai maskapai bisa mengoperasikan kembali pesawatnya di Israel,” kata sejumlah sumber di kantor Netanyahu.

Namun, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jennifer Psaki, mengatakan, larangan terbang ke Tel Aviv itu semata-mata untuk menjamin keselamatan.

Insiden penembakan roket ke kompleks bandara internasional Israel terjadi di saat pejabat AS dan Mesir sedang membahas proposal gencatan senjata di Kairo. Pemerintah Palestina juga sedang membujuk Hamas untuk mengakhiri permusuhan dengan Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3297 seconds (0.1#10.140)