IHSG Melemah, Saatnya Hunting Saham Fundamental Baik

Rabu, 23 Juli 2014 - 08:39 WIB
IHSG Melemah, Saatnya Hunting Saham Fundamental Baik
IHSG Melemah, Saatnya Hunting Saham Fundamental Baik
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ketiga pekan ini diprediksi berpotensi melanjutkan pelemahan. Namun, pelaku pasar bisa tetap memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengoleksi saham-saham berfundamental baik.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, pola hammer di bawah upper bollinger band (UBB). MACD tertahan kenaikannya dengan histogram positif yang memendek. RSI, Stochastic, dan William’s %R berbalik turun.

“Respon negatif dan kekhawatiran akan penolakan salah satu pasangan capres masih mewarnai IHSG. Meski laju IHSG berpotensi melemah kembali, namun diharapkan pelaku pasar dapat lebih rasional dan dapat memanfaatkan pelemahan tersebut untuk hunting saham-saham yang berfundamental baik,“ kata dia dalam risetnya, Rabu (23/7/2014).

Dia memprediksi, IHSG hari ini akan berada pada rentang support 4.998-5.035 dan resisten pada rentang 5.130-5.168. Sementara laju IHSG kemarin sempat berada di kisaran target resisten 5.145-5.155, namun langsung terjerembab di bawah target support 5.098-5.118.

Menurut dia, harapan akan masih berlanjutnya kenaikan IHSG, terganggu dengan maraknya aksi
ambil untung (profit taking). Pada awalnya, dia melihat aksi profit taking di awal masih cukup wajar karena kondisi tersebut kurang lebih hampir sama dengan kondisi saat rilis kinerja emiten.

“Pada saat, pelaku pasar sudah mendapatkan rilis tersebut dan sesuai dengan ekspektasinya atau bahkan di atas estimasinya maka akan cenderung profit taking. Tidak ada lagi bahan yang dijadikan ekspektasi,“ ujarnya.

Sama halnya dengan IHSG, Reza menjelaskan, ketika terlihat indikasi akan menangnya salah satu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), pelaku pasar profit taking karena bahan ekspektasi tersebut akan terealisasi. Di sisi lain, jelang libur Lebaran juga biasanya cenderung melemah karena kebutuhan dana tunai dari pelaku pasar.

Tetapi, dengan adanya petisi yang dibuat salah satu pasangan capres dan cawapres yang menolak hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka menimbulkan kekhawatiran tersendiri, sehingga aksi jual kian kencang. Di akhir sesi, sempat terjadi pembelian, sehingga IHSG tidak terlalu anjlok dalam.

Untuk hari ini, sejumlah saham yang direkomendasikan untuk dicermati adalah saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), dan PT Global Mediacom Tbk (BMTR).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7662 seconds (0.1#10.140)