Taliban Klaim Tewaskan 40 Pemberontak Afghanistan di Panjshir

Rabu, 14 September 2022 - 19:05 WIB
loading...
Taliban Klaim Tewaskan 40 Pemberontak Afghanistan di Panjshir
Taliban Klaim Tewaskan 40 Pemberontak Afghanistan di Panjshir. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Taliban menyatakan pasukan mereka telah menewaskan sedikitnya 40 pejuang dari kelompok pemberontak Afghanistan yang dipimpin oleh putra mendiang komandan anti-Taliban. Pertempuran baru itu terjadi di provinsi Panjshir utara.

Front Perlawanan Nasional (NRF) adalah kelompok terakhir yang bertahan melawan pengambilalihan Taliban atas negara itu pada Agustus tahun lalu. NRF mengambil langkah mundur ke lembah Panjshir.



Juru bicara pemerintah Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, 40 pejuang NRF, termasuk tiga komandan, telah dibunuh oleh pasukan Taliban.

“Operasi pembersihan dilakukan terhadap pemberontak di distrik Rukha, Dara dan Abshar di provinsi Panjshir,” kata Mujahid di Twitter, seperti dikutip dari AFP. Ia menambahkan bahwa 101 pemberontak lainnya telah ditangkap. Mujahid tidak mengatakan kapan para pejuang NRF terbunuh.

Sementara NRF menyatakan, Taliban telah melebih-lebihkan jumlah pejuang NRF yang tewas. “Kami menyangkal angkanya. Mereka telah menggelembungkan jumlahnya,” kata Ali Nazary, Kepala Hubungan Luar Negeri NRF, kepada AFP.



“Hanya sekelompok kecil pasukan kami yang ditangkap dan dibunuh oleh Taliban. Pasukan kami bertempur dengan sengit sampai peluru terakhir,” lanjutnya.

Lembah Panjshir yang indah terkenal sebagai tempat perlawanan Afghanistan terhadap pasukan Soviet pada 1980-an dan pangkalan pemberontak anti-Taliban selama periode pertama kelompok Islam garis keras itu berkuasa di akhir 1990-an.

Dipimpin oleh putra Ahmad Shah Massoud, pasukan NRF pada bulan Mei mengumumkan serangan terhadap Taliban. Ini merupakan serangan pertama sejak kelompok Islam garis keras itu merebut kekuasaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)