Korsleting, Kontrakan Haji Matsani Ludes Terbakar

Senin, 21 Juli 2014 - 13:41 WIB
Korsleting, Kontrakan Haji Matsani Ludes Terbakar
Korsleting, Kontrakan Haji Matsani Ludes Terbakar
A A A
JAKARTA - Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk Jalan Dr Saharjo RT 03 dan 04 RW, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Belasan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal akibat rumah mereka hangus dilalap si jago merah dalam waktu singkat.

"Kejadiannya itu sekitar pukul 10.45 tadi api tiba-tiba muncul dari rumah Haji Matsani yang RT 03 itu," ujar Ramdan (33) salah satu warga saksi mata, Senin (21/7/2014).

Menurut Ramdan, jarak rumah yang berdekatan dan juga hembusan angin cukup kencang membuat api menyambar ke rumah seberangnya dan menyebabkan api semakin membesar.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan Edi Sucipto mengatakan pihaknya menurunkan 15 unit mobil pemadam. Ini karena petugas harus dengan cepat melokalisir titik api.

"Itu saja sudah merambat karena angin. Makanya kita langsung lokalisir titik api agar tidak merembet ke rumah lainnya," tuturnya.

Setelah berjuangan selama 45 menit, akhirnya petugas bisa memadamkan api yang membakar empat rumah.

"Ada sekitar empat rumah. Karena ada satu rumah besar yang memang terdiri dari banyak pintu, dugaan sementara korsleting," ungkapnya.

Dari pendataan yang dilakukan Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, terdapat 11 KK dengan 39 jiwa yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka.

"Di satu rumah yang awal terbakar itu ada 30 jiwa. Karena rumah besar ini dibuat kontrakan kecil-kecil," ujar Sumadi, Kepala Seksi Bantuan Sosial Sudin Sosial Jakarta Selatan.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan para korban kebakaran, sudah disiapkan 50 paket makanan siap saji untuk berbuka puasa.

"Kita siapkan 50 paket makanan siap saji untuk berbuka, dan untuk sahur besok. Sudah ada tempat pengungsian terdekat, dan selanjutnya akan didata anak-anak yang butuh seragam sekolah," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)