Putin Desak Gencatan Senjata di Ukraina

Jum'at, 18 Juli 2014 - 21:19 WIB
Putin Desak Gencatan Senjata di Ukraina
Putin Desak Gencatan Senjata di Ukraina
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Jumat (18/7/2014) mendesak gencatan senjata di Ukraina timur agar segera dilaksanakan. Desakan ini ia tujukan kepada separatis pro-Rusia dan juga kepada pemerintah Ukraina.

"Pembicaraan langsung antara kedua sisi yang saling berlawanan harus dilaksanakan sesegera mungkin. Semua pihak yang terlibat dalam konflik harus cepat menghentikan pertempuran dan memulai negosiasi perdamaian," ungkap Putin seperti dilansir Reuters.

Desakan ini muncul setelah terjadi insiden penembakan sebuah pesawat komersil di wilayah Donetsk. Pesawat Malaysia Airline (MAS) MH17 yang membawa 198 orang menjadi korban dari serangan rudal itu.

"Hal ini datang dengan keprihatinan besar dan kesedihan yang amat dalam, saat kita melihat apa yang terjadi di timur Ukraina. Hal ini (penembakan pesawat MH17) sangat mengerikan, itu adalah tragedi," Putin menambahkan.

Sebelumnya, Kanselir Jerman, Angela Merkel menyatakan hal serupa. Menurut Merkel, gencatan senjata perlu dilakukan di Ukraina timur guna memperlancar upaya investigasi pesawat nahas tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3841 seconds (0.1#10.140)