Kemenkeu Canangkan Hari Kualitas Pelayanan Publik

Jum'at, 18 Juli 2014 - 10:30 WIB
Kemenkeu Canangkan Hari Kualitas Pelayanan Publik
Kemenkeu Canangkan Hari Kualitas Pelayanan Publik
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Kemenpan-RB), Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), dan Ombudsman melakukan pencanangan hari kualitas pelayanan publik di lingkungan Kemenkeu.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kibagus Ahmad Badaruddin mengungkapkan, pencanangan hari pelayanan publik ini sejalan dengan amanat Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang mewajibkan negara untuk memenuhi kebutuhan negara dan hak sipil terhadap warga negara.

"Hari ini adalah hari yang membahagiakan bagi kita semua karena bapak Menkeu dan dihadiri pejabat di lingkungan Kemenpan-RB, KPK dan Ombudsman akan mencanangkan hari kualitas pelayanan publik di lingkungan Kemenkeu," ujar dia di Gedung Djuanda I Kemenkeu Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam melaksanakan proses reformasi birokrasi, pihaknya telah menerapkan beberapa program quick win pada pejabat di lingkungan Eselon 1 Kemenkeu.

"Pertama, pelayanan penting dan strategis bisa lebih cepat supaya dapat mudah diberikan jangka waktunya, dan biayanya jelas. Setiap tahun Kemenkeu melaksanakan penilaian sebagai percontohan," tambah dia.

Menurut Kibagus, hal ini bertujuan menjaga dan meningkatkan layanan publik melalui ukuran keberhasilan dalam melaksanakan pemberian efisiensi kepada masyarakat.

"Setiap tahun, kita melakukan monitoring untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan stakeholders. Kemenkeu mendorong keikutsertaan untuk mengikuti kompetisi pelayanan publik yang diciptakan Kemenpan-RB di lingkungan Kemenkeu," tutur dia.

Pencanangan hari kualitas layanan publik ini, lanjut dia, sejalan dengan harapan Ombudsman bahwa beberapa kementerian dan lembaga negara diharapkan dapat mendeklarasikan contoh pelayanan publik.

"Pencanangan ini juga jadi momentum berbagai bentuk pelayanan publik agar dapat dilayani lebih cepat, tepat, transparan dan akuntabel," tutupnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3811 seconds (0.1#10.140)