Dua Legendaris Tinju Afsel Jadi Promotor

Kamis, 17 Juli 2014 - 23:25 WIB
Dua Legendaris Tinju Afsel Jadi Promotor
Dua Legendaris Tinju Afsel Jadi Promotor
A A A
JOHANNESBURG - Dua mantan petinju profesional Afrika Selatan, Francois Botha dan Hardy Mileham, mencoba untuk kembali menghidupkan tinju di negaranya, terutama di wilayah KwaZulu-Natal.

Untuk menggapai impiannya itu, mereka pun bersama-sama membentuk sebuah perusahaan promosi tinju, dan rencananya mereka akan melakukan debut sebagai promotor pada 25 Juli mendatang. Botha dan Mileham memilih Ballito Exhibition Centre, dekat Durban sebagai lokasi kontes pertarungan tinju pertamanya.

Pertarungan-pertarungan yang digelar Botha dan Mileham tersebut, adalah duel tinju yang berlangsung selama empat ronde. Apabila segalanya berlangsung dengan sukses, mereka berencana untuk kembali menyajikan kontes pertandingan tinju pada akhir Oktober mendatang, sekaligus untuk menghormati salah satu legendaris tinju Afsel dari KwaZulu-Natal, Tap Tap Makhathini.

Ketika masih aktif bertinju, Botha, yang saat ini berusia 45 tahun, pernah memenangkan gelar juara tinju kelas berat versi WBF, dia juga pernah menjadi penantang gelar juara dunia IBF/IBO/WBC. Dijuluki White Bufallo, Botha tercatat sudah melakukan 63 laga profesional dengan hasil 48 kemenangan (29KO), 11 kekalahan, dan tiga kali imbang.

Sementara itu, Mileham adalah mantan petinju yang biasa terjun di kelas welter junior. Pria kelahiran 17 Juli 1956 itu pernah memenangkan sabuk juara Afrika Selatan untuk pertama pada 14 November 1977. Karirnya berakhir, setelah menderita cedera mata serius, namun dia menjadi salah satu pelatih sukses yang mendirikan dan menjalankan sasana tinju sendiri di Ballito.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5257 seconds (0.1#10.140)