Direvitalisasi Pasar Cinde akan Terintegrasi dengan Monorail

Kamis, 17 Juli 2014 - 21:06 WIB
Direvitalisasi Pasar Cinde akan Terintegrasi dengan Monorail
Direvitalisasi Pasar Cinde akan Terintegrasi dengan Monorail
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan melakukan revitalisasi serta pengembangan Pasar Cinde yang nantinya juga akan terintegrasi dengan Monorail Palembang. Hal ini terungkap saat Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menerima pengembang dari PT Aldiron Hero Group, Kamis (17/7/2014) di Kantor Gubernur, Jalan Kapten A Rivai Palembang.

Rapat tersebut dihadiri Asisten II bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel Ruslan Bahri bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang Sapri Nungsik.

Dalam paparannya dihadapan Gubernur pihak pengembang yang diwakili MF Tarigan selaku Bussines Development mengatakan, konsep awal Pasar Cinde ini akan dibangun hingga sembilan lantai, namun pengembangannya tidak akan mengubah fungsinya sebagai pasar tradisional.

“Itu akan dibangun sembilan lantai. Tetap ada jualan daging, ikan dan menjadi pasar basah. Hanya saja akan lebih tertata, tidak kotor dan berbau,” ungkap Tarigan.

Nantinya, desain Pasar Cinde yang baru akan terintegrasi dengan monorail, atau kereta dengan jalur tunggal yang melalui Jalan Jenderal Sudirman. Tidak hanya itu di lantai atas juga rencananya akan dibangun Hotel Budjet dan Office space.

“Pasar Cinde dengan luas 6.810 meter persegi ini akan menjadi pasar aman, memiliki nilai guna ekonomi juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” timpalnya.

Gubernur H Alex Noerdin mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Sumatera Selatan setuju akan melakukan revitalisasi Pasar Cinde, mengingat umur yang sudah tua, dan letaknya di pusat Kota Palembang.

Namun, Alex menjelaskan, untuk tahap pertama adalah meminta persetujuan dewan. Selain itu Gubernur berpesan agar para pedagang yang ada harus mendapatkan prioritas dari pengembangan pasar ini,” pungkas Alex.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Sumsel Permana mengatakan, setelah mengalami pengembangan. Dirinya berharap agar Pasar Cinde dapat menjadi contoh bagi pasar lainnya di Kota Palembang.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Sapri Nungsik mengatakan, pihaknya mendukung rencana revitalisasi Pasar Cinde apalagi untuk integrasi monorail,” tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5575 seconds (0.1#10.140)