Suswono Akui Proses Pemotongan Sapi di RPH Subang Halal

Sabtu, 12 Juli 2014 - 16:39 WIB
Suswono Akui Proses Pemotongan Sapi di RPH Subang Halal
Suswono Akui Proses Pemotongan Sapi di RPH Subang Halal
A A A
SUBANG - Di Rumah Potong Hewan (RPH) Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengaku sangat antusias meninjau proses pemotongan hewan ternak sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Subang, Jawa Barat (Jabar).

"Tadi saya melihat langsung, ketika proses pemotongan, jadi mereka membuat pingsan si sapi dengan teknik penganginan, bukan dengan peluru tembak. Dan itu dibolehkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dia juga sudah ada standart halalnya dari MUI," ujar dia saat peninjauan RPH di Subang, Sabtu (12/7/2017).

Suswono mengatakan, MUI sudah memverifikasi data dan melakukan audit terhadap PT Bina Mentari Tunggal (KIBIF) tempat olah pemotongan daging. Sehingga jaminan halalnya bisa dipertanggungjawabkan.

"Jadi tidak perlu khawatir akan proses pemotongannya seperti apa, dijamin halal," ujarnya.

Sementara, Direktur Rumah Potong Hewan PT Bina Mentari Tunggal (KIBIF) Juan Permata Adoe mengatakan, ada 100-an sapi yang dipotong per hari untuk disebar ke seluruh Indonesia.

"Antara 50-100 ekor/hari. Kalau kondisi Lebaran kita potong 100-120 ekor/hari. Kapasitas RPH 250 ekor. Kita sebar ke seluruh Indonesia lewat supplai timnya, ada yang lewat carrefour atau supermarket-supermarket lain," ujar dia.

Untuk sapinya sendiri, Juan mengakui bahwa kebanyakan membeli impor dari Australia karena dinilai standarisasinya bagus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)