90% Pelanggan Pegadaian Gadaikan Emas

Selasa, 08 Juli 2014 - 16:10 WIB
90% Pelanggan Pegadaian Gadaikan Emas
90% Pelanggan Pegadaian Gadaikan Emas
A A A
BANDUNG - PT Pegadaian mengaku siap menjadi penggerak perekonomian dia masa depan. Guna mewujudkannya, Pegadaian mengandalkan bisnis usaha emas. Bukan tanpa alasan, sekitar 90% pelanggan lembaga keuangan ini menggadaikan barang dalam bentuk emas.

Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah X PT Pegadaian Alim Sutiono memperkirakan, penggadaian emas paling digandrungi masyarakat karena meskipun emas tersebut digadaikan nilai asetnya tetap utuh.

"Upaya edukasi terus kami lakukan agar masyarakat lebih mampu dalam mengelola nilai gadai mereka,” katanya beberapa waktu lalu.

Selain emas, yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pegadaian juga adalah barang-barang jaminan lainnya seperti Pembiayaan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Saat ini porsi pembiayaan BPKB baru mencapai 5%.

Dikatakan Alim, Pegadaian juga kembali membuka layanan pengiriman uang (remitensi) melalui program Kucica (Kiriman Uang Secara Instan, Cepat dan Aman).

“Kami bekerja sama dengan Western Union untuk membukan kembali layanan yang sempat terhenti pada November 2012 silam ini,” katanya.

Alim menyebutkan, target remitensi di 2014 sebesar Rp5 miliar. Segmen yang menjadi bidikan adalah Tenaga Kerja Indonesia yang sebagian besar bekerja di Timur Tengah, Malaysia dan Arab Saudi. Dengan tujuan pengiriman sebagian besar ke daerah Sukabumi, Cianjur, Indramayu, Cirebon, Pantura dan sekitarnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, Kantor Wilayah X PT Pegadaian Bandung mengincar nilai omzet sebesar Rp768 miliar pada tahun ini.

“Angka ini tidak jauh berbeda dengan target pada 2013 lalu. Hingga Februari, kami sudah mencapai 15% dari target,” sebut Alim.

Adapun jumlah Outlet Pegadaian di seluruh Indonesia mencapai 4.600 outlet dan seluruhnya sudah menggunakan sistem online.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5596 seconds (0.1#10.140)