Sisi: Kurdi Merdeka, Bencana untuk Irak

Senin, 07 Juli 2014 - 15:38 WIB
Sisi: Kurdi Merdeka, Bencana untuk Irak
Sisi: Kurdi Merdeka, Bencana untuk Irak
A A A
KAIRO - Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi menyatakan, jika referendum di wilayah Kurdi jadi dilaksanakan, maka itu akan menjadi bencana untuk Irak. Menurut Sisi, hal itu akan membuat Irak semakin lemah dan terpecah.

Melansir Al Arabiya, Senin (7/7/2014). komentar Sisi tersebut seperti menunjukan kekhawatiran yang semakin meninggi, bahwa krisis di Irak akan bisa semakin melebar ke semua wilayah di kawasan Timur Tengah.

"Referendum yang diminta oleh pemerintah Kurdi untuk saat ini pada kenyataannya tidak lebih dari awal pembagian bencana bagi Irak, di mana Irak akan terpecah dan persaingan di antara pecahan negara mereka bisa membuat tensi semakin meninggi,” ungkap Sisi.

Presiden negara otonom Irak tersebut, Massoud Barzani, meminta parlemen setempat untuk mempersiapkan referendum yang rencananya akan berlangsung tengah pekan ini sebagai jalan awal menuju kemerdekaan.

Sementara itu Sisi juga memperingatkan Amerika Serikat (AS), Eropa dan negara-negara di kawasan Timur Tengah untuk waspada terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang saat ini berganti nama menjadi Negara Islam yang memiliki ambisi untuk menaklukan seluruh dunia dengan kekhalifahan baru mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4610 seconds (0.1#10.140)