Bandara Internasional Hasanuddin Terapkan Konsep Silent Airport

Jum'at, 27 Juni 2014 - 16:27 WIB
Bandara Internasional  Hasanuddin Terapkan Konsep Silent Airport
Bandara Internasional Hasanuddin Terapkan Konsep Silent Airport
A A A
MAROS- - Mulai 1 juli 2014, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Maros mulai akan menerapkan konsep silent Airport.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura Rachman Syafrie, konsep silent ini merupakan konsep yang merubah pola announcement. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kebisingan akibat banyaknya pengumuman yang disiarkan di terminal bandara.

Selain itu kata Rachman, silent airport ini bertujuan untuk mengubah kebiasaan dan memberikan pelajaran para penumpang untuk membaca informasi yang tertara di boarding pass. "Dengan sistem silent airport ini, calon penumpang diminta untuk memperhatikan layar informasi penerbangan. Karena sudah tidak ada lagi pemanggilan bagi penumpang," jelasnya dalam jumpa pers di kantor AP, di Bandara Lama di Mandai Maros.

Dia menambahkan, konsep silent airport ini, bukan berarti meniadakan seluruh pengumuman yang seperti biasa dilaksanakan di bandara internasional pada umumnya. Namun lebih mengurangi pengumuman atau announcement yang ada.

"Jika umumnya dalam satu penerbangan ada 7 jenis pengumuman, maka dalam konsep silent airport ini nantinya hanya ada 3 jenis pengumuman yang akan disiarkan yaitu boarding call. Panggilan untuk penumpang yang belum masuk pesawat dan pengumuman lainnya," jelasnya.

Sebelum menerapkan sistem silent airport pada 1 juli mendatang, pihak Angkasa Pura I telah melakukan beberapa kegiatan sosialisasi seperti melakukan benchmarking ke Bandara internasional Juanda Surabaya yang telah melakukan konsep ini terlebih dulu.

"Kami ingin semuanya berjalan smoth dan lancar sebelum hari H pelaksanaan konsep ini nanti. Makanya kami akan melakukan sosialisi melalui media," jelasnya. (Najmi s limonu)
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3969 seconds (0.1#10.140)