Penderita Kusta Ditemukan Tergeletak di Pasar Cisalak

Jum'at, 20 Juni 2014 - 22:09 WIB
Penderita Kusta Ditemukan Tergeletak di Pasar Cisalak
Penderita Kusta Ditemukan Tergeletak di Pasar Cisalak
A A A
DEPOK - Seorang wanita penderita penyakit kusta ditemukan di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok. Bahkan, kondisi wanita tanpa identitas ini sangat mengenaskan.

Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok mengirim wanita tersebut ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Hingga kini, wanita tersebut masih berada di Unit Gawat Darurat (UGD). Karena, fasilitas di rumah sakit itu terbatas dan harus dirujuk ke rumah sakit lain.

"Dengan memasukkan pasien ke RSUD itu sudah benar. Cuma, dengan keterbatasan fasilitas harus dirujuk dan butuh penjamin," terang Manajer On Duty RSUD Depok Riyanto kepada wartawan, Jumat (20/6/2014).

Menurut Riyanto, pertama kali masuk UGD kondisi pasien sangat mengenaskan. Sekarang sudah agak mendingan, tetapi pasien harus mendapatkan penanganan khusus seperti dokter spesialis dan ruang khusus. Apalagi, penyakit itu menular dan masa inkubasinya sekitar dua-lima tahun.

"Kita tetap menerima pasien dari gelandangan dan memberikan pelayanan. Sebab, itu adalah fungsi sosial yang kita jalankan," kata dia.

Kabid Pelayanan Medis RSUD Depok dr Enny Ekasari mengatakan, waktu di era jamkesmas pasien gelandangan, pengemis dan penghuni Lapas menjadi peserta jamkesmas non kuota/non kartu. Namun, sejak diberlakunya sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bukan menjadi tanggungan BPJS.

"Kita hanya mengharapkan agar ada penjamin. Kita juga mempertanyakan era BPJS pasien gelandangan, pengemis jadi tanggung jawab siapa?" tanyanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4433 seconds (0.1#10.140)