SDM Minim, DJP dan DJBC Diminta Kerja Maksimal

Selasa, 17 Juni 2014 - 12:48 WIB
SDM Minim, DJP dan DJBC Diminta Kerja Maksimal
SDM Minim, DJP dan DJBC Diminta Kerja Maksimal
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengatakan, meski sumber daya manusia (SDM) di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu masih sangat minim, namun dirinya berharap DJP tetap bekerja maksimal untuk tingkatkan penerimaan pajak.

Chatib menyadari bahwa salah satu kondisi atau prasyarat yang dibutuhkan adalah kebutuhan tenaga dari pajak, jumlahnya harus naik empat kali lipat dari sekarang. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Tetapi tolong dipikirkan dengan kondisi jumlah aparat pajak sekarang apa terobosan yang dapat dilakukan. Sehingga efisiensi di dalam penggunaan tenaga aparat pajak itu bisa meningkat," ujar dia usai Pelantikan Pejabat Eselon II Kemenkeu di Aula Djuanda Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Artinya, kata Chatib, dalam jumlah penerimaan aparat pajak, bisa dihasilkan penerimaan negara yang lebih tinggi. Dia menginginkan adanya inovasi dalam lingkup kementeriannya.

"Tolong dipikirkan langkah apa yang dilakukan, kita tidak bisa terus menerus mengeluh bahwa penerimaan pajak tidak bisa meningkat, karena jumlah tenaga kerja yang enggak mencukupi," imbuhnya.

Dia optimis, dengan jumlah aparat yang minim akan dapat melakukan peningkatan penerimaan pajak dan mengurangi kebocoran anggaran.

Menkeu juga mengakui, untuk menambah aparat pajak hingga empat kali lipat dalam setahun ini adalah sebuah kendala yang tidak mungkin diubah.

"Kendala ini harus coba datang dengan kebijakan yang ada. Sehingga penerimaan pajak bisa meningkat. Coba datang dengan kebijakan bahwa jumlah seperti itu, bea cukai bisa berfungsi secara efektif," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9762 seconds (0.1#10.140)