Penahanan suku bunga turunkan kinerja impor

Jum'at, 04 April 2014 - 16:19 WIB
Penahanan suku bunga turunkan kinerja impor
Penahanan suku bunga turunkan kinerja impor
A A A
Sindonews.com - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah menilai, kebijakan moneter yang mempertahankan suku bunga acuan ditambah dengan tren penguatan nilai tukar juga memberi andil besar bagi penurunan kinerja impor.

"Hubungan resiprokal dari menguatnya fundamental ekonomi nasional dan sejumlah bauran kebijakan fiskal moneter merupakan cyclical effect yang akan terus ditingkatkan di masa-masa mendatang," uajrnya seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (4/4/2014).

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini mengakui, beberapa sentimen positif eksternal juga memberi dukungan bagi penguatan nilai tukar rupiah pada perdagangan beberapa hari terakhir. Namun, menurut dia, pengaruh itu bersifat komplimen dan temporer.

Terlepas dari sejumlah sentiment positif yang berasal dari eksternal, kata dia, apresiasi nilai tukar rupiah, inflasi yang terkendali, membaiknya neraca perdagangan-pembayaran, lebih dominan disebabkan penguatan fundamental ekonomi nasional.

"Dampak sentiment eksternal hanya bersifat sesaat dan relatif kecil pengaruhnya, khususnya bagi negara-negara dengan fundamental kuat. Sebaliknya, negara dengan fundamental ekonomi yang lemah atau rapuh akan relatif lebih rentan dari contagion effect dari sentiment eksternal," jelasnya.

Firmanzah meyakini, fundamental ekonomi nasional akan terus menguat di masa-masa mendatang seiring semakin atraktifnya pasar Indonesia. Namun dia mengingatkan, ekonomi Indonesia masih akan menghadapi ketidakpastian global dalam 3-5 tahun ke depan.

"Stabilitas Pemilu 2014 perlu kita jaga, koordinasi otoritas fiskal-moneter-sektor riil perlu terus kita tingkatkan. Kebijakan industrialisasi dan hilirisasi secara konsisten juga perlu kita lakukan," tuturnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga perlu terus dipercepat, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan sumber daya manusia, terus meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan teknologi. Termasuk program-program pemberdayaan masyarakat dan UMKM juga perlu terus ditingkatkan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)