Angka kematian ibu melahirkan di Sukabumi melonjak

Rabu, 26 Maret 2014 - 00:22 WIB
Angka kematian ibu melahirkan di Sukabumi melonjak
Angka kematian ibu melahirkan di Sukabumi melonjak
A A A
Sindonews.com - Angka kematian ibu melahirkan di Kabupaten Sukabumi, melonjak sejak dua tahun terakhir. Data terbaru menunjukkan tingkat kematian ibu melahirkan mencapai 86 per seribu kelahiran.

"Angka kematian ibu saat melahirkan cendrung meningkat sejak beberapa tahun terakhir, bahkan di tahun 2014 ini angka kematian tersebut terindikasi bertambah dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Selasa (26/3/2014).

Disebutkan dia, ada beberapa faktor yang memicu melonjaknya angka kematian ibu melahirkan. Diantaranya, dekatnya usia kehamilan, usia yang terlalu muda, atau kehamilan di masa tua.

"Termasuk kurangnya kesadaran kaum ibu-ibu untuk memeriksakan kehamilanya, serta kurangnya mengkonsumsi makanan bergizi," terangnya.

Menghadapi kasus ini, Sukmawijaya mengaku telah mengimbau masyarakat, terutama yang berada dikategori usia muda untuk dapat menentukan pernikahannya di usia yang tepat, masa kehamilan yang tepat, dan merencanakan pembatasan jumlah anak.
"Idealnya satu keluarga cukup empat orang anggota, yakni ibu bapak dan dua anak," beber Sukmawijaya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Luki Julianti mengungkapkan, perlunya peningkatan penyuluhan program keluarga berencana. "Terpenting lagi peran serta bidan desa harus ditingkatkan untuk penyuluhan kesehatan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6157 seconds (0.1#10.140)