KPU 'ciut nyali' umumkan hasil perbaikan DPT

Jum'at, 31 Januari 2014 - 01:28 WIB
KPU ciut nyali umumkan hasil perbaikan DPT
KPU 'ciut nyali' umumkan hasil perbaikan DPT
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjanji bakal mengumumkan hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada publik setiap bulan sekali pasca rapat pleno dan rekapitulasi hasil DPT ditetapkan.

Namun, KPU nampaknya masih merasa takut untuk mengumumkan hasil tersebut. Padahal, jika dihitung dari rapat pleno 4 Desember 2013 lalu, terhitung sudah lebih dari satu bulan hasil perbaikan DPT belum diumumkan.

Ketua KPU Husni Kamil Manik beralasan, pihaknya sudah mengundang seluruh KPU Provinsi untuk menyetorkan hasil perbaikan. Tetapi, masih ada sejumlah KPU Provinsi yang belum selesai memutakhirkan DPT-nya.

"KPU kan akan menyelesaikan satu bulan, tapi masih bisa ditambah 14 hari," ujar Husni, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Namun demikian, pihaknya mengklaim bakal berusaha mengumumkan hasil perbaikan DPT secara valid pada bulan (Februari) ke depan. "Tapi tetap bahwa untuk konsumsi publik, kita tetap akan umumkan progresnya," katanya.

Terkait kapan waktu yang tepat untuk KPU mengumumkan hasil perbaikan DPT, mantan ketua KPU Sumatera Barat itu mengaku akan menanyakan hal tersebut kepada tim teknis internal KPU. "Dalam waktu dekat belum ada. Karena saya belum dapat info dari tim teknis," kilahnya.

Seperti diketahui, pada 4 November 2013, melalui rapat pleno dan rekapitulasi nasional, Bawaslu merekomendasikan kepada KPU untuk memperbaiki DPT bermasalah sebanyak 3,3 juta pemilih. Termasuk keberadaan DPT non NIK yang berjumlah 54 ribu pemilih.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1268 seconds (0.1#10.140)