Jalankan fungsi dengan baik, 2013 tak akan gaduh

Rabu, 02 Januari 2013 - 10:29 WIB
Jalankan fungsi dengan baik, 2013 tak akan gaduh
Jalankan fungsi dengan baik, 2013 tak akan gaduh
A A A
Sindonews.com - Menjelang Pemilu 2014 banyak yang menduga tingkat politik nasional akan gaduh. Namun, hal itu bisa diantisipasi, jika partai politik (parpol) dan lembaga negara menjalankan fungsinya dengan baik.

"Yang bikin gaduh dan hiruk pikuk politik nasional selama ini tidak lain hanyalah karena institusi-institusi negara dan parpol terlalu banyak memperkatakan perbuatan dan tidak memperbuatkan perkataan," kata Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Y Tohari saat dihubungi wartawan, Rabu (2/1/2013).

Hajriyanto menjelaskan, jika parpol menjalankan fungsi komunikasi politik dengan baik maka perpolitikan Indonesia akan menjadi lebih sehat, begitu juga pemerintah, jika menjalankan fungsi eksekutorial-nya pastilah akan terwujud pemerintah yang efektif.

Wakil ketua MPR itu menambahkan, supaya tidak hanya membuat harapan belaka maka KPK sebagai lembaga penegak hukum harus menyelesaikan janji-janjinya termasuk menangkap elit parpol yang diduga terlibat kasus korupsi.

"Kalau sudah tahu bahwa aktor utama koruptor adalah elite parpol ya segera diusut dan ditahan dong, jangan cuma dirasani dan dibahas dengan wartawan," kata dia.

Dia meminta, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tidak hanya banyak berbicara ke publik, jika ada mencurigakan maka harus segera dilaporkan ke KPK.

"Demikian juga dengan kejaksaan dan penegak hukum lainnya, mana pelaksanakaan fungsinya," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)