BEI berikan kemudahan investor kecil

Jum'at, 28 Desember 2012 - 14:15 WIB
BEI berikan kemudahan investor kecil
BEI berikan kemudahan investor kecil
A A A
Sindonews - Untuk memberikan kemudahan bagi investor kecil yang ingin berinvestasi, khususnya investor ritel, Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali akan mengkaji pengurangan jumlah saham dalam setiap lot menjadi 100 saham.

Direktur Utama BEI, Ito Warsito mengatakan, ukuran saat ini 500 saham per lot. Menurutnya, saham itu cukup tinggi, sehingga tahun depan akan direncanakan ukuran lot menjadi 100 saham supaya investor kecil bisa masuk.

"Saat ini kan per lotnya 500, itu masih terlalu tinggi. Kita turunkan jadi 100. Rencana tersebut secepatnya akan kami lakukan, sekira kuartal II tahun depan," ungkap Ito dalam konferensi pers penutupan perdagangan bursa 2012, di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Ito mencontohkan, dengan membeli satu lembar harga saham sebesar Rp10 ribu. Jadi, dengan membeli 1 lot atau 500 lembar saham, mereka hanya mengeluarkan dana Rp1 juta. Sisanya bisa dibelikan saham lain. "Ini akan memberikan peluang kepada investor kecil yang ingin berinvestasi," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek Bapepam LK, Yunita Linda Sari mangatakan, BEI menjadi lead dalam pengkajian rencana pengurangan jumlah saham dalam setiap lot. “Bapepam LK berharap kajian tersebut menghasilkan kesimpulan yang positif agar perkembangan pasar modal Indonesia terus meningkat,” kata Yunita.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4779 seconds (0.1#10.140)