Singapura rebut gelar keempat Piala AFF

Sabtu, 22 Desember 2012 - 21:17 WIB
Singapura rebut gelar keempat Piala AFF
Singapura rebut gelar keempat Piala AFF
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (Singapura), akhirnya berhasil merebut Piala AFF untuk keempat kalinya, usai menang aggregat 3-2 atas Thailand yang berlangsung di Suphachalasai Stadium, Bangkok, Sabtu (22/12).

Meski sempat unggul satu gol di babak pertama, lewat tandukan striker Thailand, K Keawsombut. Tapi, tampaknya mereka kesulitan untuk menambah gol di paruh kedua.

Pada ajang kejuaraan bergengsi antar negara Asia Tenggara pada tahun ini, Thailand sangat difavoritkan bisa keluar sebagai juara yang kali terakhir diraih pada 2001 lalu. Sayang, hal itu tidak dapat terwujud saat mereka maish tertinggal defisit satu gol atas Singapura.

Menghadapi Singapura, Thailand membuka keunggulan pada menit 45. Umpan tarik Theeraton Bunmathan dari sisi kiri berhasil ditanduk Kirati Keawsombut ke gawang kiper Singapura, Izwan Mahbud. Skor menjadi 1-0 untuk Thailand dan kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Singapura tidak mengubah strateginya untuk bermain bertahan. Tapi, para pemain Thailand seakan tidak mengenal kata menyerah. Mereka pun terus mencoba membongkar pertahanan lawan. Terbukti di menit ke-53 T. Dangda, hampir menambah keunggulan tim Gajah putih jika sepakan tendangan bebasnya tidak menyamping ke sisi kiri gawang.

Pemain bernomor punggung sembilan, hampir mencetak gol keduanya jika sepakannya tidak melambung ke atas gawang Singapura. Padahal dia sudah berdiri bebas untuk mengeksekusi tendangan.

Para pemain Thailand, terlihat tergesa-gesa dalam melakukan operan. Ini yang membuat pelatih W. Schäfer sangat frustasi. Terbukti, beberapa kali dia sempat melontarkan kekecewaannya kepada para pemain ketika instruksi yang diterapkannya tidak berjalan sempurna di dalam lapangan.

Keberhasilan ini, bagi Singapura, merupakan gelar keempat mereka. Sebelumnya, The Lions pernah menjuarai pada 1998, 2004 dan 2007.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5849 seconds (0.1#10.140)