UN akan menggunakan 20 paket soal

Jum'at, 12 Oktober 2012 - 05:01 WIB
UN akan menggunakan 20 paket soal
UN akan menggunakan 20 paket soal
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuat 20 paket soal untuk Ujian Nasional (UN) tahun depan. Nantinya, jika satu kelas terdiri dari 20 siswa, maka setiap siswa akan memperoleh soal yang berbeda.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, variasi soal UN itu untuk meningkatkan konsentrasi siswa agar tidak mencontek. Variasi itu juga dibutuhkan untuk mengukur kemampuan anak, karena UN akan menguji kemampuan perseorangan.

Selain itu, tingkat kesulitan soal juga akan diubah, dan untuk distribusi kesulitan soal berkategori sedang pada 2013 sebanyak 80 persen, dan soal dengan kategori sulit akan menjadi 20 persen.

"Memakai dua pendekatan yaitu Classical Test Theory, dan Item Response Theory (IRT). Keunggulan IRT itu invariance, artinya nilai tingkat kesukaran soal tidak berubah walau dikerjakan oleh siswa pintar maupun tidak," katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Menurutnya, pembuatan 20 paket soal ini memang akan menjadi hal yang rumit dari segi pencetakan. Namun, pemerintah akan memilih perusahaan yang memiliki security printing agar pengamanan soal saat pencetakan maksimal.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Aman Wirakartakusumah mengakui, pembuatan soal pilihan ganda untuk 20 paket soal memang tidak mudah. Namun pihaknya akan mencoba membuat 20 paket soal dengan tingkat kemudahan, dan kesulitan yang setara sehingga siswa secara nasional mampu menjawabnya.

"Sekolah dapat melakukan proses pembelajaran dengan melihat apakah kisi-kisi itu relevan dengan kurikulum yang ada," ucapnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)