Wabah flu burung serang warga Pasuruan

Jum'at, 17 Februari 2012 - 11:33 WIB
Wabah flu burung serang warga Pasuruan
Wabah flu burung serang warga Pasuruan
A A A
Sindonews.com - Wabah flu burung kembali menyerang ternak ayam di pemukiman Jalan Wahidin Selatan, RT 2, RT3 / RW III Kelurahan Petamanan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Sedikitnya 80 ekor ayam mati secara mendadak sejak sepekan lalu. Selain menyerang ayam, wabah flu burung ini diduga telah menjangkiti sejumlah warga di pemukiman tersebut. Sebanyak lima orang diketahui menderita penyakit dengan gejala demam, tulang ngilu, dan sesak napas.

Seperti yang dialami Ponimah (52). Sejak tiga hari lalu, dia merasakan gejala sesak napas, batuk pilek, mata berair, dan tulang ngilu. Dia tidak menyangka jika ternak ayam miliknya yang mati diduga menjangkitinya. "Saya merasa batuk pilek dan sesak napas. Padahal selama ini saya tidak pernah sakit sesak napas," kata Ponimah, Jumat (17/2/2012).

Dinas Peternakan Kota Pasuruan yang mendapat laporan, langsung melakukan uji sampel di lokasi. Dari ciri-ciri ayam yang mati, diyakini akibat wabah flu burung.

Untuk memastikan penyebab kematian ayam tersebut, petugas mengambil sampel dan menguji di laboratorium Dinas Peternakan Jatim di Malang. Menurut drh Iswahyudi, hasil lab tersebut diketahui ternak ayam positif terjangkit flu burung.

"Bangkai ayam yang diuji sampel positif terjangkit flu burung. Ciri-ciri fisik masih seperti yang terjadi tahun 2003 lalu. Pada bagian kepala, dada, dan jengger berwarna biru serta membengkak (sianosis). Pada kaki terdapat bintik merah, seperti orang habis kerokan," kata drh Iswahyudi, Koordinator Pusat Pengendali Penyakit Flu Burung, laboratorium Dinas Peternakan Jatim.

Menurutnya, wabah flu burung ini tingkat mortality rate ayam mencapi 98 persen kematian, sementara pada manusia mencapai 84 persen. Karenanya, pemusnahan pada ternak ayam di wilayah terjangkit wajib dilakukan. Untuk tindakan preventif, saat ini tengah dilakukan penyemprotan dan pemusnahan ayam yang diduga terserang wabah flu burung.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3997 seconds (0.1#10.140)